Tempat Konsultasi dan sharing pengetahuan tentang MLM, Bisnis Online dan SEO

2.7.09

Pemahaman Sederhana NLP untuk Pemula

Saya masih sering bertemu dengan persepsi bahwa NLP itu identik sekali dengan training-training MOTIVASI. Karena itu begitu kita menyebut NLP, seseorang bisa langsung merespon "oh..motivasi!".
NLP tidak langsung berarti training MOTIVASI, walau membangkitkan MOTIVASI secara instan adalah salah satu yang bisa dilakukan dengan NLP. Itu hanya salah satu bagian kecil dari NLP.
Dalam NLP, MOTIVASI bisa timbul dari beberapa hal, seperti bagaimana kita me-REPRESENTASI-kan diri kita atau dunia luar dalam pikiran kita. Kata representasi ini sendiri maksudnya adalah bagaimana kita melihat, membayangkan diri kita atau berbagai hal di dunia, di dalam pikiran. Kalau kita merepresentasikan diri kita sebagai orang yang tidak percaya diri, maka MOTIVASI kita pun sebatas identitas dan kemampuan yang mengikuti representasi tersebut. Kalau kita membayangkan situasi di luar sebagai terlalu sulit, maka MOTIVASI kita pun terbentur hambatan ini.
Uniknya, representasi di pikiran kita ini tidak mengacu pada apa yang kita inginkan, melainkan pada yang kita persepsikan. Sebuah filter di otak kita bernama generalisasi, akan mempermudah kita dalam menyimpulkan berbagai hal di sekitar dan mengambil satu ukuran untuk berbagai pengalaman, penglihatan dan pendengaran kita. 3 kali kita belum berhasil bisa disimpulkan 'tidak mungkin' berhasil, dan tebak apa yang terjadi dengan MOTIVASI kita setelah itu?
Padahal, kalau kita paham bahwa sebenarnya representasi berupa IMAJINASI ini memicu 'neuron' yang sama persis untuk manifestasi fisik, kita sendiri bisa terheran-heran kenapa ada orang yang mau berpikir dan membayangkan yang terburuk tentang diri mereka dan kemampuan mereka. Kenapa tidak membayangkang yang terbaik saja?
Nah, kembali ke REPRESENTASI ini. Salah satu tool dalam NLP untuk mendobrak MOTIVASI adalah dengan membentuk bayangan atau imajinasi terbaik mengenai diri kita atau situasi yang sedang atau akan kita hadapi. Kita kreasikan gambar di pikiran kita bagaimana kita bergerak, bertindak, berbicara dengan percaya diri, melakukan hal-hal dengan luar biasa, dll. Dan gambar di kepala kita ini pun kita pertajam, buat berwarna-warni sedemikian rupa, kita isi dengan suara-suara yang jelas, serta benar-benar seperti menghidupi dan mengalami sendiri situasi tersebut dengan perasaan gembira dan menyenangkan! Setelah itu? MOTIVASI pun muncul!



Oleh: Hingdranata Nikolay

0 komentar: